Minggu, 08 Oktober 2023

 

BIMAS HINDU JATIM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PASRAMAN / SEKOLAH MINGGU


Lumajang (Bimas Hindu Jatim). Pendidikan Agama Hindu dilingkungan sekolah formal banyak ditemui kendala-kendala dalam proses belajar dan mengajar, permasalahan ini banyak terjadi disebabkan oleh tidak adanya guru agama sesuai dengan agama yang dianut oleh siswa, terutama agama Hindu. Hal ini terjadi karena jumlah SDM guru yang memang terbatas. Untuk mengantisipasi kurangnya pengetahuan anak didik tentang agama yang dianutnya maka didirikanlah Pasraman/sekolah minggu. Peran pasraman / sekolah minggu ini sangat besar selain memberikan Pendidikan Agama Hindu, pasraman juga memberikan andil dalam penilaian siswa-siswi dalam pendidikan agama di sekolah.

Peran pasraman pada dunia pendidikan sangatkah besar, untuk itu kualitas pendidikan di pasraman/sekolah minggu harus ditingkatkan, tenaga pendidik harus mendapatkan pembinaan, maka melalui Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kualitas Pendidikan Pasraman/Sekolah Minggu Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Jumat (06/10/2023) di Kabupaten Lumajang, dengan melibatkan pasraman/sekolah minggu yang ada di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menguatkan Pendidikan pasraman / sekolah minggu, meningkatkan kualitas pendidikan pasraman/sekolah minggu, untuk membina guru dalam melaksanakan pengajuan pasraman, dan meningkatkan pengetahuan dalam bidang pendidikan dan agama. Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kualitas Pendidikan Pasraman/Sekolah Minggu Tahun 2023 dibuka oleh Pembimbing Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Budiono, S.Ag. dalam sambutannya beliau berpesan agar peserta kegiatan dapat mengikuti keseluruhan kegiatan agar mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas pendidikan di pasraman masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar