Minggu, 01 Juli 2018

Piodalan Pura Luhur Poten Bromo




Bromo (Bimas Hindu) – Masyarakat Suku Tengger di Gunung bromo, Jawa Timur Menggelar Upacara Piodalan di Pura Luhur Poten Bromo yang berada di lautan pasir Gunung Bromo, pada hari jumat (29/06/2018). Piodalan Pura Luhur Poten Bromo ini bersamaan dengan upacara yadnya kasada yang jatuh pada hari jumat kliwon. Pura Luhur Poten Bromo ramai dihadiri masyarakat suku tengger yang berada di beberapa wilayah khususnya empat kabupaten yang di diami oleh suku tengger yaitu Pasuruan, Probolinggo, Malang, dan Lumajang.
Puncak karya piodalan dilaksanakan pada jumat siang, dengan dilaksanakan persembahyangan bersama. Tetapi masyarakat suku tengger masih belum meninggalkan Pura Luhur Poten Bromo karena upacara Yadnya Kadasa akan dimulai pada malam hari yaitu pada sabtu dini hari pukul 00.00 Wib. Masyarakat Suku Tengger akan bermalam (melakukan sipeng).
Yadnya Kasada Diakhiri dengan melaksanakan Kurban Suci ke Kawah Gunung Bromo, Kurban yang disajikan ke Gunung Bromo adalah hasil palawija,palawiji,dan seekor kerbau. Kemudian seluruh umat akan menutup seluruh rangkaian upacara dengan pujan kasada sebagai ucapan syukur atas terlaksananya yadnya kasada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar