Minggu, 01 Maret 2015

Bakti Sosial Penghijauan dalam Rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1937



Bakti Sosial Penghijauan dalam Rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1937.




Sidoarjo 1 Maret 2015. Dalam rangka  menyambut hari raya suci nyepi tahun baru Saka 1937 Panitya Nyepi tahun 2015 melaksanakan bakti sosial penghijauan yang bertempat di Krematorium Jala Pralaya pukul 07.30 WIB. kegiatan ini di ikuti oleh peserta dari berbagai kalangan ,mulai dari pejabat,polisi,TNI,mahasiswa dan kalangan umat Hindu.
Acara pertama adalah sambutan dari bapak Ir. Nyoman Anom Mediana, M.Pd.H selaku ketua Panitia Nyepi Prov. Jawa Timur beliau menyampaikan terimakasih kepada para peserta yang bersedia meluangkan waktu dan datang untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan bakti sosial. Bakti soasial penghijauan yang dilaksanakan di krematorium Jala Pralaya ini adalah acara pertama dari rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan untuk  menyambut hari raya suci tahun baru Saka 1937 yaitu diawali pada tanggal 1 Maret bakti sosial penghijauan di crematorium jala pralaya Sidoarjo , kemudian pada tanggal 8 maret 2015 akan dilaksanakan bakti sosial pengobatan gratis dan pemberian sembaka bagi masyarakat kurang mampu bertempat di pura Penataran Luhur Medang Kemulan Dsn. Duku Ds. Mondoluku Kec. Wringinanom , Kab. Gersik dan dilanjutkan acara Tawur Agung pada tanggal 20 maret 2015 yang dilaksanakan di Tugu Pahlawan Surabaya. Sambutan selanjutnya di sampaikan oleh Pembimas Hindu Provinsi Jawa Timur yaitu Bapak Ida Made Windya , S.Ag beliau mengucapkan apresiasi atas kerja sama semua pihak sehingga semua rangkain hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937 berjalan dengan baik. Hindu merupakan agama praktik dan mengajarkan keseimbangan dimana dari segi vertical melalui Sembahyang dan dari segi horizontal dengan menjaga keseimbangan alam , termasuk menjaga keharmonisan alam yang ada didalamnya seperti yang dilakukan dalam kegiatan kali ini yaitu bakti sosial penghijauan. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini mampu menghijaukan lingkungan krematorium dan memberikan udara yang segar dan sejuk. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh bapak ketua PHDI provinsi Jawa Timur Bapak Drs. I Ketut Sudiarta , M.Pd.H beliau menyampaikan filosofi kegiatan terhadap hari raya nyepi adalah “Menyucikan diri,buana agaung dan kwalitas kerja”
Kegiatan selanjutnya adalah penyerahan pohon sebagai simbolis oleh ketua Panitia Nyepi Provinsi Jawa Timur kepada ketua PDHI Provinsi Jawa Timur. Dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu penanaman pihon di krematorium Jala Pralaya Sidoarjo diawali oleh Pembimas Hindu Jawa Timur dilanjutkan oleh ketua PHDI Provinsi dan ketua PHDI kab.Sidoarjo. Selama kegiatan berlangsung para peserta saling bergotong royong utuk menanam pohon dan membersihkan areal krematorium dan berakrir pukul 10.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar